Survei Verifikasi ke 1

SURVEI VERIFIKASI KE 1

 

Selasa, 20 maret 2018 rumah sakit wilujeng kabupaten kediri telah melaksanakan survei verifikasi ke 1 oleh dr. Setyo Budi Pamugkas, Sp.OG dari Komisi akreditasi rumah sakit (KARS). Sudah menjadi agenda tahunan untuk dilakukanya survei verifikasi setelah pada tahun sebelumnya dilakukan survei akreditasi. Survei verifikasi yang ke 1 kali ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari selasa 20 Maret 2018 – Rabu 21 Maret 2018. pada kesempatan kali ini juga dihadiri tamu dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kasih bunda pare yang bertujuan untuk mengambil pelajaran tentang akreditasi rumah sakit.

 

Terdapat 4 standart akreditasi yang dilakukan survei verifikasi yaitu Hak Pasien Keluarga (HPK), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Kualifikasi Pendidikan Staf (KPS). Empat standart tersebut masih berdasarkan standart akreditasi rumah sakit versi 2012. Proses survei verifikasi berdasarkan hasil dari Perbaikan Perencanaan Strategis (PPS) dari masing masing standart akreditasi.

 

Selain melakukan survei verifikasi, dr. Setya Budi Pamungkas, Sp.OG selaku surveyor juga melakukan evaluasi self assessment dan kesiapan dokumen terhadap pemenuhan standar terbaru yaitu Akses ke Rumah Sakit dan Kontinuitas Pelayanan (ARK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) dan Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE). Enam standart tersebut berdasarkan kepada Standart Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 .

 

Surveyor menyampaikan bahwasanya standart akreditasi yang terbaru ini memiliki sedikit perbedaan dari standart akreditasi versi 2012 yaitu lebih lebih memperjelas beberapa elemen-elemen yang sebelumnya sering terjadi perbedaan tafsir dari surveyor satu ke surveyor lainya. selanjutnya surveyor mengajak kepada semua pelaku kesehatan untuk merubah mainset/pola pikir bahwa semua pelayanan harus berorientasi kepada pasien. Keselamatan pasien merupakan hal yang nomor 1 yang harus  dipikirkan dalam semua pelayanan.

 

Di akhir acara, dr. rhama kurniawan, MMRS selaku direktur rumah sakit wilujeng kabupaten kediri mengajak dan memberikan kepada seluruh elemen rumah sakit wilujeng untuk selalu bersemangat dalam melaksanakan regulasi atau aturan yang sesuai dengan standart akreditasi rumah sakit. Direktur mempercayai ketika pelayanan dilakukan dengan sesuai prosedur yang ada maka akan tercapainya pelayanan maksimal yang mana nantinya akan menguntungkan pasien dan juga menguntungkan rumah sakit.

“RS Wilujeng… YESS”

“RS Wilujeng… YESS”

“RS Wilujeng… PASTI BISAAAA”